P: Dalam 1 Taw, apakah 1 dan 2 Paraleipomenon?
J: Dalam terjemahan Septuaginta Yunani 1 dan 2 Tawarikh
disebut dengan 1 dan 2 Paraleipomenon. Alkitab Katolik juga menggunakan nama
ini, tetapi isinya sama.
P: Dalam 1 Taw, mengapa ada begitu banyak silsilah?
J: Tawarikh kemungkinan ditulis kemudian setelah Kitab
Raja-Raja, setelah pengasingan Yehuda. Hal ini menjadi penting bagi orang
Yahudi untuk mengingat nenek moyang mereka, dan mengingat siapa mereka sebagai
suatu bangsa. Beberapa silsilah juga menunjukkan kepada kita bagian dari garis
keturunan Maria dan Yusuf.
P: Dalam 1 Taw, apa perbedaan di dalam penekanan antara
kitab Tawarikh dan Raja-Raja?
J: Ada beberapa perbedaan di antara kedua tulisan.
Waktu: Tawarikh ditulis kemudian, selama masa
pembuangan. Ini menekankan silsilah, yang akan mrupakan hal yang penting bagi
orang-orang Yahudi yang kembali.
Bilangan: Tawarikh adalah kitab yang paling
berorientasi-nomor di dalam Alkitab, dengan jumlah tentara, dan jumlah imam dan
keturunan.
Referensi: Raja-Raja menyebutkan Kitab/Sejarah
Raja-Raja Israel, Kitab /Sejarah Raja-Raja Yehuda, dan Kitab /Sejarah Raja-Raja
Israel dan Yehuda di dalam 32 ayat. Tawarikh menyebutkan buku-buku berbagai
raja-raja hanya 12 kali, dan tidak pernah menyebut "Kitab / Sejarah
Raja-Raja Yehuda" tanpa menyebutkan Israel juga.
Kerajaan vs Bait Tuhan: Nehemia serta 1 dan
2 Raja-raja menekankan pada kerajaan Israel dan Yehuda. Tawarikh dan Ezra juga
menyebutkan itu semua, tetapi mereka memiliki penekanan lebih besar pada Bait
Tuhan.
Hubungan Internasional: Raja-Raja berfokus
pada pertempuran dan aliansi dengan Aram, Edom, Moab, dan kerajaan-kerajaan di
dekatnya, termasuk Mesir. Tawarikh berfokus pada aliansi perdagangan dengan
Hiram dari Tirus, Ratu Syeba, dan Mesir.
Konsekuensi dari Kelemahan vs Pertobatan:
Raja-Raja lebih berfokus pada hasil dosa-dosa dari para raja, sedangkan
Tawarikh menceritakan perjalanan pribadi mereka dengan Tuhan.
Daud: Tawarikh tidak memberitahu banyak kepada
kita tentang Daud, kecuali bahwa dia ingin membangun Bait Suci. Raja-Raja
memberitahu kepada kita hampir tidak ada tentang Daud, karena informasi
mengenai Daud telah tercakup di dalam 1 dan 2 Samuel.
Salomo: Tawarikh menceritakan sedikit tentang
Salomo, kecuali seperti yang berkaitan dengan bangunan Bait Tuhan dan
kekayaannya. Dengan pengecualian mengenai puteri Firaun, hanya Raja-Raja yang
mengatakan mengenai kompromi moral yang serius yang diperbuat oleh Salomo.
Pertobatan Manasye, yang tidak memiliki
dampak politik, disebutkan hanya di dalam Tawarikh. Manasye menghapus banyak
mezbah berhala, tetapi pertobatan itu hampir tidak berpengaruh pada kerajaan.
Yoyakim diberikan perhatian lebih di dalam 2 Tawarikh
36 daripada di dalam 2 Raja-Raja 24.
Geografi: Antara waktu Kerajaan Terbagi dan
Hizkia, Tawarikh, yang berkaitan dengan Bait Tuhan, memiliki penekanan pada
Yehuda selatan, sementara Raja-Raja membahas kedua kerajaan secara
panjang-lebar. Akibatnya, Tawarikh tidak memberikan tanggal atau rentang waktu
dari masa pemerintahan raja-raja Israel, sementara Raja-Raja memberikan
informasi pada Yehuda dan Israel. Raja-Raja juga memiliki material yang lebih
lanjut tentang Elia dan Elisa.
Waktu Penulisan: Tawarikh ditulis
kemudian, dan mungkin menganggap para pembaca memiliki pengetahuan tentang
Raja-Raja. Tawarikh dan bukan raja-raja bercerita tentang kembalinya Yahudi di
bawah pemerintahan Koresy dari Persia.
Pelajaran: Kitab Tawarikh menunjukkan bahwa
keuntungan material menyertai tindakan yang benar. Namun, Raja-Raja juga
menunjukkan konsekuensi-konsekuensi, dari mematuhi atau tidak mematuhi Tuhan.
Perhatikanlah bahwa tidak ada fakta-fakta yang
tersembunyi, sebagaimana 1 dan 2 Raja-Raja telah tuliskan sebelum 1 dan 2
Tawarikh.
P: Dalam 1 Taw dan 2 Taw, apa yang menyebabkan perbedaan
dalam angka dengan Samuel dan Raja-Raja?
J: Doktrin tidak mungkin ada kesalahan mengatakan bahwa
naskah Alkitab tanpa kesalahan di dalam aslinya, tapi beberapa kesalahan yang
tidak mempengaruhi iman atau praktek telah merayap ke dalam salinan yang kita
miliki saat ini. Orang-orang yang berpegang pada tidak mungkin ada kesalahan
bebas mengakui kesalahan penyalinan sebagai berikut di dalam Samuel, Raja-Raja,
dan Tawarikh. Dari 18 hingga 20 kesalahan penyalin, sekitar dua-pertiga
memiliki jumlah yang lebih besar di Samuel dan Raja-Raja daripada di Tawarikh.
Kesalahan penyalinan adalah:
1 Sam 16:10 (delapan anak laki-laki) vs 1 Taw 2:13-15
(tujuh anak laki-laki).
2 Sam 8:4 (1.700 penunggang kuda) vs 1 Taw 18:4 (7.000
penunggang kuda).
2 Sam 10:18 (700 ekor kuda perang) vs 1 Taw 19:18 (7.000
ekor kuda perang).
2 Sam 23:8 (800 musuh dibunuh) vs 1 Taw 11:11 (300 musuh
dibunuh).
2 Sam 24:9 (800.000 + 500.000) vs 1 Taw 21:5 (1.100.000
termasuk 470.000) (kemungkinan kesalahan penyalinan, mungkin tidak).
2 Sam 24:13 (7 tahun) vs 1 Taw 21:12 (3 tahun)
1 Raj 4:26 (40.000 kandang kuda) vs 2 Taw 9:25 (4.000 kandang kuda).
1 Raj 4:26 (40.000 kandang kuda) vs 2 Taw 9:25 (4.000 kandang kuda).
1 Raj 5:11 (20 Kor minyak zaitun, menurut teks Masoret,
20.000 Kor menurut teks Septuaginta) vs 2 Taw 2:10 (20.000 Kor minyak zaitun).
1 Ki 5:16 (3.300 mandor) vs 2 Taw 2:18 (3.600 mandor)
1 Raj 7:20 b (200 buah delima) vs 2 Taw 3:16 b (100 buah
delima).
1 Raj 7:26 (2.000 bat) vs 2 Taw 4:5 (3.000 bat).
1 Raj 9:23 (550 pemimpin) vs 2 Chr 8:10 (250 pemimpin).
2 Raj 8:26 (22 tahun) vs 2 Taw 22:2 (42 tahun dalam teks
Masoret. Apakah untuk menjadi 22, atau yang lain akan menjadi lebih tua
daripada ayahnya).
2 Raj 24:8 (18 tahun) vs 2 Taw 36:9 (8 tahun).
Maz 60:1 (12.000) vs 1 Taw 18:12 (18.000)
(Ternyata saya kehilangan 3-5 penyalinan yang salah.)
P: Dalam 1 Taw 1:32 adalah Ketura merupakan selir Abraham
menjadi bertentangan dengan Keturah menjadi istri Abraham di dalam Kejadian
25:1, kecuali selir dan istri merupakan sinonim, sebagaimana seorang muslim
yang bernamaAhmad Deedat katakan?
J: Tidak, mereka bukanlah sinonim dan bukan, hal ini
bukan merupakan suatu kontradiksi. Selir adalah suatu jenis istri. Biasanya
anak-anak selir tidak akan memiliki warisan yang sama dengan anak-anak dari
isteri yang bukan selir. Seorang muslim yang jujur seharusnya tidak ada masalah
dengan ini, karena Mohammad memiliki selir bernama Miriam orang Koptik. Mereka
memiliki hubungan yang sah secara hukum karena dia selir, tetapi ia tidak
memiliki hak sebagai istri Muhammad yang bukan selir.
P: Dalam 1 Taw, 2 Raj, 1 dan 2 Raj, apa yang merupakan
perang utama di dunia pada saat ini?
J: Berikut adalah perang yang dikenal oleh dunia saat
itu.
1003 SM Daud merebut Yerusalem.
1000 SM Di dalam Cina Chou mengalahkan Dinasti Shang.
Th.998 SM Israel di bawah Daud vs Moab, 10K orang
dibunuh.
Th.997 SM Perang Saudara Israel Absalom -2 Sam 18:7, 20K
orang dibunuh.
969 SM Mesir menjarah kota Gezer sebagai hadiah
pernikahan Salomo.
950 SM Sisak dari Libya mengambil takhta Mesir.
926 SM Sisak dari Mesir menyerang Yehuda.
> 926 SM Yerobeam / Abia Israel / Yehuda berperang,
500K orang dibunuh.
918 SM Sisak menghancurkan Taanakh.
911-894 SM Adad dari Asyur Nirari II melancarkan operasi
militer.
909 SM Pada daerah Gibeton, orang Filistin mengepung
Israel.
900 SM San Lorenzo, Meksiko dihancurkan oleh
pemberontakan.
897 SM Ethbaal menumbangkan Raja Phelles di Tirus.
889-886 SM Tukulti Ninurta II dari Asyur melancarkan
operasi militer.
884/3-878 SM Ashurnasirpal II dari Asyur melancarkan operasi
militer.
866 SM Ashurnasirpal II dari Asyur melancarkan operasi
militer.
859-824 SM Salmaneser III dari Asyur telah melakukan 32
operasi militer.
858 SM Ashurnasirpal II dari Asyur melancarkan operasi
militer.
858 SM Bangsa Asyur memerangi orang-orang Urartu.
857 SM Menyerang Bit-Adini (Eden).
857 SM Bangsa Asyur merebut Karkemis.
856 SM Bangsa Asyur memerangi Urartu.
853 SM Pada daerah Qarqar, Bangsa Asyur vs gabungan
koalisi.
850-841 SM Bangsa Asyur melawan orang-orang Aram
850 SM. Bangsa Asyur mengepung Gannanatu
Abad ke9 Hasanlu dari Urartu dibakar.
843 SM Bangsa Asyur menjarah Allabria, Parsua, Abdadani,
Khaban, dan Namri
841 SM Bangsa Asyur melawan Hazael tetapi gagal untuk
mengambil Damaskus.
841 SM Yehu memberontak dan membunuh raja-raja Israel dan
Yehuda.
841 SM Bangsa Asyur mengalahkan Parasca.
839 SM Asyur melancarkan operasi militer di Kilikia.
836 SM Dekat Hamadan Salmaneser III memerangi Bangsa
Media.
835 SM Bangsa Asyur menjarah Kota Shalmnas.
832 SM Di Arsanies, Bangsa Asyur mengalahkan orang Urartu
831 SM Patinu memberontak dari Bangsa Asyur.
830-827 SM Bangsa Asyur memerangi Urartu.
828 SM Bangsa Asyur memerangi Urartu dan menjarah
Musasin.
826-820 SM pemberontakan Asyur.
824-805 SM Kekaisaran Urartu memperluas daerah kekuasaan.
809 SM Asyur memerangi Media.
808 SM Bangsa Asyur Memerangi Guzanu.
807-806 SM Bangsa Asyur Memerangi Bangsa Mannaeans.
Tahun 806-804 SM Zakir dari Hamat dan Luash melawan kota
Damaskus.
804-733 SM Urartu melakukan penaklukan lebih lanjut.
804-802 SM Asyur menyerang Damaskus dan merebutnya.
801 SM Asyur menyerang Khubbushkia
800 SM Spartan menaklukkan Laconia.
800-799 SM Asyur memerangi Media
800-700 SM Nubia (Sudan) memberontak dari Mesir
798 SM Asyur memerangi Lushia
797 SM Asyur memerangi Namri
793-792 SM Asyur memerangi Media
791 SM Asyur menyerang Khubbushkia
789-787 SM Asyur memerangi Media
Israel vs Aram -1 Raja-Raja 20:29, 127K orang dibunuh
786 SM Asyur memerangi Kisku
785-784 SM Asyur menyerang Khubbushkia
-616-612 SM Kekaisaran Asyur berakhir
771 SM Hao di China, pasukan barbar Rong membunuh Zhou
King You
770 SM Pemberontakan terhadap Chou; Chou memindahkan
ibukota.
745 SM Raja Asyur Tiglath pileser III merebutkota
Damaskus
743 SM Perang Saudara di Asyur.
743 SM Asyur merebut kota Kashpuna, dekat Tirus dan Sidon
743-740 SM Asyur mengepung Arpad
740 SM Spartan menaklukkan Messenia
740-710 SM Orang Scythian menyerbu Simeria
738 SM Yaudi di Suriah memberontak terhadap Asyur
736 SM Yunani merebut wilayah Fenisia Malta
735-715 SM Orang-orang Edom menangkap orang-orang Yahudi
di bawah Ahas dalam 2 Taw 28:17
735-715 SM Orang Filistin menyerang Yehuda di bawah Ahas
dalam 2 Taw 28:18
734 SM Korintus merebut Corfu dari Eretians
734 SM Tiglath-Pileser merampok kota Hazor di Israel
Tahun 733 SM Israel mengalahkan Yehuda 2 Taw 28:6, 120K
orang dibunuh
732 SM Asyur merebut Damaskus
731-724 SM Raja Piye dan orang-orang Napatan menaklukkan
Mesir
724-722 Asyur mengepung kota Tirus
722 SM Asyur meredakan pemberontakan di selatan Kasdim
722 SM Sargon II dari Asyur merebut Samaria
721 SM Asyur menaklukkan Urartu
720 SM Assyria mengalahkan Arpad, Simirus, Damaskus,
Samaria
720 SM Asyur menjarah Arpad, Qarqar
717 SM Asyur mengalahkan Carchemish
715 SM Asyur merampok kota-kota Filistin dari Ashdod dan
Gath
714 SM Sargon II menjarah Danau Van dan orang-orang
Mannai di Armenia
713-679 Asyur dan Simeria menyerang Urartu
712 SM Asyur menaklukkan Ekron di Filistia
708 SM Asyur merebut Samsat di Anatolia
701 SM Raja Sanherib dan Asyur merebut kota Usse dekat
Tirus
701 SM Asyur mengepung Sidon di Fenisia
701 SM Di Eltekah, Asyur bertemu orang-orang Mesir
701 SM Asyur merampok Megiddo, Samaria, dan Gibeah
701 SM Asyur menaklukkan Ekron
701 SM Asyur menjarah Lachish dengan banyak orang
dibunuh, 1.5K orang dibunuh
701 SM Orang-orang Asyur dibunuh di luar Yerusalem, 185K
dibunuh
700 SM Chalcis dan Eretia berperang.
700 SM Asyur meruntuhkan Karatepe
700 SM Assyria memerangi Kashku
698 SM Asyur merebut Tarsus
689 SM Asyur menjarah Babelonia
686 SM Asyur memerangi Arab
680 SM Simeria menaklukkan Frigia
678 SM Asyur menundukkan pemberontakan Babelonia.
678 SM Scythians menyerang Asyur
676-673 SM Asyur mengepung Sidon 3 tahun
675/671 SM Asyur merebut Memphis
674 SM Di Sile, Mesir mengalahkan Asyur
672 SM Asyur menundukkan orang-orang Mesir
671 SM Raja Asyur Esarhaddon merebut kota Memphis di
Mesir
670 SM Orang-orang Mesir memberontak dari Asyur
Tahun 670 SM Scythians memasuki kerajaan Mannai
669 SM Raja Assyria Esarhaddon meninggal di dalam barisan
ketika melawan orang-orang Mesir
668 SM Argirus melakukan perjalanan menuju Sparta
667 SM Ashurbanipal menaklukkan Mesir
665 SM Ashurbanipal menyerang Finisia dan kemudian Mesir
664 SM Tantamani membebaskan Mesir
664-657 SM Firaun Psammetichus I menyatukan Mesir
653 SM Scythians menguasai Medes
653 SM Asyur mengalahkan bangsa Elam
653 SM Mesir terbebas dari Asyur
652-643 SM Shamash-shum-ukin memberontak melawan raja
Asyur Ashurbanipal
Tahun 650 SM Messenians memberontak melawan Sparta
650 SM Scythians dan Simeria menyerang dengan Palestina
secara tiba-tiba.
648 SM Asyur menjarah Babelonia.
646 SM Asyur mengasingkan orang-orang Elamite
642-639 SM Asyur menyerang Elam dan menjarah Susa.
638 SM Pada Sungai Hong di Cina, Chu mengalahkan Adipati
Xiang Song
633 SM Asyur merampok Thebes di Mesir
Tahun 631/627 SM Medes dibawah Kyaxares mengepung Niniwe,
ibukota Asyur.
630 SM Orang-orang Di menyerang Cina utara
626/625 SM Babelonia mendapatkan kemerdekaan
625 SM Kyaxares Mede mengusir Scythians
623 SM Orang-orang Di menyerang Cina utara
620 SM Orang-orang Di menyerang Cina utara
615 SM Kota Asyur Arrapkha direbut.
614 SM Asyur direbut.
614 SM Medes mencoba untuk mengambil-alih kekuasaan kota
Niniwe
Tahun 613-7-8/612 Medes menjarah Niniwe (Babelonia
terlalu terlambat untuk menolong Medes).
612 SM Medes menaklukkan Armenia
612-609 SM Akhir dari kehancuran Asyur
609-606 SM Babelonia menyerang dengan tiba-tiba Israel
Utara
609/608 SM Orang-orang Mesir menghancurkan Megiddo &
menyerang Gaza
606-605 SM Di menyerang Cina utara
604 SM Di Carchemish, Babelonia mengalahkan Mesir
11-12/605/604 Babelonia menjarah kota Ashkelon di
Filistia
603 SM Babelonia menjarah Ekron
601 SM Babelonia dan Mesir terikat dengan kekalahan yang
berat
599-598 SM Babelonia melawan Arab
3/16/597 SM Babelonia merebut Yerusalem
596 SM Babelonia memerangi Elam
593 SM Psamtik II dari Mesir + Yunani, Fenisia, dan
Yahudi mengalahkan prajurit upahan Cush
591 SM Mesir menyerbu Nubia
589-587/586 SM Yahudi memberontak melawan Babelonia.
586/5-573/2 SM Nebukadnezar II dari Babelonia mengepung
Tirus dan merebutnya
581 SM Babelonia mengembalikan lebih dari Yehuda
568-567 SM Pemimpin Apries dan Babelonia menyerbu Mesir
559 SM Medes dan Babelonia bergabung melawan Persia
P: Dalam 1 Taw dan 2 Taw, 1 Raj dan 2 Raj, apakah
peristiwa dunia Timur Tengah pada waktu ini?
J: Inilah diantaranya.
969 SM Mesir menjarah Gezer sebagai hadiah pernikahan
Salomo
950/945 SM Shishaq orang Libia menjadi Firaun Mesir
926 SM Shishak dari Mesir menyerbu Yehuda
>926 SM Yerobeam dari Israel melawan Abiyah dari
Yehuda 500K orang dibunuh di dalam 2 Tawarikh 13:17
Tahun 613-7-8/612 Medes menjarah Niniwe (Babelonia
terlalu lambat untuk menolong Medes)
604 SM Di Carchemish, Babelonia mengalahkan Mesir
970 SM Dedikasi bagi Bait Salomo
Tahun 870 SM Kelaparan Elia di Israel
765 SM Wabah di Niniwe
6/15/763 Gerhana matahari Total.
759 SM Wabah di Niniwe sekitar masa Yunus
3/16/597 SM Pengasingan utama yang pertama ke Babelonia
587/586 SM Yehuda ditawan ke Babilon
538 SM Orang-orang di pengasingan kembali ke Yerusalem
540-10/12/539 M Persia menaklukkan Kekaisaran Babelonia
336-6/323 SM Kekaisaran Alexander Agung.
P: Dalam 1 Taw 1:6, apakah ini "Difat" orang
yang sama dengan orang-orang "Rifat" dalam Kejadian 10:3?
J: Mungkin ya. Ini adalah kemungkinan kesalahan penulisan,
dan kita tidak memiliki catatan lain dari orang-orang Rifat.
P: Dalam 1 Taw 1:10, bagaimana Nimrod merupakan seorang
pemburu yang perkasa di bumi?
J: Kata Ibrani dalam 1 Tawarikh 1:16 (diucapkan- gib BOR)
hanya berarti "perkasa", yang bisa berarti pemburu yang terampil,
seorang prajurit yang terampil, juara, raksasa, atau besar dengan cara lain.
Septuaginta Lancelot Brenton membuat terjemahan ini sebagai "pemburu yang
perkasa" dengan catatan kaki mengatakan di dalam bahasa Yunani seorang
raksasa, seorang pemburu. Dalam beberapa cara, Nimrod adalah seorang
"raksasa" di antara manusia, apakah itu ukuran fisiknya atau
keterampilan suka berperang itu. Banyak orang Kristen percaya bahwa Nimrod
memburu manusia, sebagai seorang pejuang dan pembangun Kekaisaran. Beberapa
orang melihat ke dalam catatan Sumeria mengenai Gilgames tradisi pembangun
Kekaisaran yang pertama, dan mungkin Alkitab adalah mengacu pada manusia ini
sebagai Nimrod.
Ini gema dari apa yang Kejadian 10:9
katakan tentang Nimrod. Kata benda Ibrani di sini (TSAH Yid-diucapkan) yang
berarti pemburu. Terjemahan Lancelot Brenton Septuaginta mengatakan
"pemburu raksasa" di dalam Kejadian 10:9.
Hari ini beberapa dapat menjadi
"raksasa" di dalam pertempuran, atau dalam bisnis, tetapi hal tidak ada
gunanya setelah mereka mati.
P: Dalam 1 Taw 1:42 haruskah itu "Yaakan" dari
"Akan / Waqan"?
J: Teks Masoret mengatakan Jakan (diucapkan Yakan),
tetapi tata bahasa yang tampaknya kurang kata sambung we (dan), jadi
mungkin harus Akan/Waqan.
P: Dalam 1 Taw 2:3, mengapa Yehuda menikahi seorang
Kanaan?
J: Larangan terhadap kawin campur dengan orang Kanaan
musuh Israel tidak diberikan sampai pada masa Musa, 400 tahun kemudian.
P: Dalam 1 Taw 2:7, siapakah Akhan/Ahar, sang pengacau
Israel?
J: Ini adalah Akhan, yang diam-diam mengambil jarahan
beberapa dari kota Yerikho dalam Yosua 7.
P: Dalam 1 Taw 3:5, siapakah nama ayah Batsyeba Amiel,
atau Eliam seperti di dalam 2 Sam 11:3 katakan?
J: Ini adalah kemungkinan besar kesalahan penyalin karena
"l" dan "m" yang dialihkan ke dalam bahasa Ibrani.
"Eliam berarti "Tuhan/dewa adalah penebus "dan" Amiel
berarti "saudara adalah Tuhan/dewa". Sejak Tawarikh ditulis setelah 2
Samuel, itu lebih mungkin bahwa nama di dalam 2 Samuel yang dipelihara dengan
benar. "Amiel"adalah di dalam 1 Tawarikh 3:5 baik dalam Teks
Masoretic dan Septuaginta, sehingga transposisi ini terjadi sebelum terjemahan
Yunani Septuaginta dibuat. Segel Ibrani kuno telah ditemukan dengan nama
"Eliam".
P: Dalam 1 Taw 14:4-7
3:5-8, dan 2 Sam 5:14-16, siapakah sebenarnya Anak Daud?
J: 2 Samuel 5:14-16, 1 Tawarikh 3:5-8, dan 1 Tawarikh
14:4-7 semua mengatakan: Syamua, Sobab, Natan, Sulaiman, Ibhar, Elishua
(Elisjama dalam 1 Tawarikh 3:5-8 ), Nepheg, Yafia, Elisama, Elyada, dan
Elifelet. 1 Tawarikh 3:5-8 mengatakan Elisama dua kali sementara yang lain
menyebutkan Elishua dan Elisama. Selain itu 1 Tawarikh 3:5-8 juga menyebutkan
Elifelet untuk yang kedua kalinya, dan Nogah. 1 Tawarikh 3:5-8 mungkin memiliki
kesalahan ketik untuk Elifelet yang kedua kalinya, tapi Daud bisa memiliki anak
lagi selain yang terdaftar.
P: Dalam 1 Taw 3:9, apakah mungkin sembilan anak
menjelang tahta Salomo, seperti dugaan beberapa orang?
J: Mungkin saja, jika anak-anak Daud yang diberikan dalam
urutan kelahiran mereka. Tentu Amnon, Absalom, dan Adonia lebih tua dari
Salomo, dan Salomo lahir ketika Dauid tua. Namun, tidak ada yang menentukan
bahwa daftar ini sesuai dengan urutan dalam kelahiran mereka.
P: Dalam 1 Taw 3:15, apakah Salum/Yoahas putra keempat
dari Yosia?
J: Tidak, karena Zedekia, anak yang terdaftar ketiga,
adalah hanya berumur sepuluh tahun di dalam tahun 609 SM, ketika Yoahas menjadi
raja pada umur 23.
Ada sebuah titik penafsiran Alkitab
untuk belajar di sini. Setiap kali Anda melihat daftar anak-anak, tidak berarti
anak-anak lahir di dalam daftar secara urutan.
P: Dalam 1 Taw 3:16, apakah Salum nama pribadi raja
dengan nama takhta Yoahas, sebagaimana saran beberapa orang skeptis?
J: Komentator Kristen setuju bahwa Salum sebagai nama
lain untuk Yoahas. Namun, apakah Salum adalah nama pribadi ketika ia dilahirkan
dengan, atau nama panggilan yang ia peroleh kemudian tidak diketahui.
P: Dalam 1 Taw 3:19, apakah ayah Zerubabel adalah
Pedaiah, atau Sealtiel sebagaimana Ezra 3:2,8; 5:2; Nehemia 12:1; Hagai 1:1,12,14;
2:2,23; dan Matius 1:12 katakan?
J: Beberapa anak memiliki baik ayah biologis dan seorang
ayah adopsi. Sealtiel adalah kakak Pedaiah yang bersaudara menurut 1 Tawarikh
3:17-18. Sealtiel yang tertua, tetapi ada kalanya laki-laki tertua pewaris
tidak memiliki anak untuk melanjutkan suksesi kerajaan. Para sarjana Kristen
memberikan dua jawaban yang berbeda.
Pedaiah meninggal, dan Sealtiel
mengadopsi Zerubabel. Ini adalah kedua hal yang dihasilkan, yaitu suatu
kemurahan hati, dan memberikan Sealtiel dengan penerus kerajaan.
Sealtiel meninggal, dan Pedaiah tertua
adalah untuk membawa garis keturunan Sealtiel dan suksesi kerajaan.
P: Dalam 1 Taw 5:10,19,20,22 siapakah Hagri?
J: Kita tidak memiliki catatan arkeologi dari Hagri,
sampai prasasti Asyur, di bawah Sanherib dan Tiglath-pileser III, ditemukan
bahwa menyebutkan Hagri sebagai suku Aramaean. Para Hagri tidak hanya keturunan
Hagar, sebagaimana Mazmur 83:6 sebutkan baik Hagri dan Ismael bersama dengan
orang timur lainnya.
Sementara para penulis kemudian yang
bernama Strabo dan Ptolemy (5.19.2) dan menyebutkan Agraioi hidup di Arabia
utara, mereka cenderung tidak sama.
Pliny dalam NH 6,159-161 juga
menyebutkan Hagri, dan ini mungkin rakyat Hofuf-thaj di oasis Al-Hasa di Arabia
utara di Teluk Persia, dan tidak berhubungan dengan Hagar meskipun memiliki
kesamaan nama.
P: Dalam 1 Taw 5:22, karena perang ini adalah dari Tuhan,
bagaimana mungkin Tuhan menjadi Tuhan kedamaian?
J: Tuhan akhirnya akan menyebabkan semua perang untuk
berhenti (Mazmur 46:9). Meskipun saat itu datang, kadang-kadang perang
meningkatkan penyebab perdamaian, dan Israel berperang di sini bagi perdamaian
Tuhan dan perlindungan dari suku-suku Transjordan.
Seseorang harus mempertanyakan asumsi
dasar pasifisme berkata: "Apakah itu benar-benar suatu manifestasi
kebaikan untuk tidak menentang kejahatan? Dapatkah kita mengatakan bahwa
seorang ahli bedah yang benar-benar baik harus tidak melakukan apapun untuk
memotong jaringan kanker dari pasien dan hanya memungkinkan pasien tersebut untuk
menderita sampai akhirnya dia meninggal? Dapatkah kita memuji kekuatan polisi
yang berdiri diam dan tidak melawan sedikit pun perampok bersenjata, pemerkosa,
para pelaku kebakaran, atau pidana lain yang memangsa masyarakat? Bagai-mana
mungkin Tuhan disebut 'baik' jika Dia melarang umat-Nya untuk melindungi
istri-istri mereka dari pemerkosaan dan pencekikan oleh para perampok mabuk,
atau untuk melawan penjajah yang datang untuk mengambil anak-anak mereka dan
mengeluarkan otak mereka ke dinding?
Tidak ada kebijakan akan memberikan
kendali secara bebas kepada kejahatan dan kriminalitas daripada menyerah pada
hak membela diri pada bagian anggota masyarakat yang taat hukum."
P: Dalam 1 Taw 6:16,26-28, siapakah ayah dari Samuel dari
Lewi, atau Samuel seorang Efraim sebagaimana 1 Sam 1:1 katakan?
J: Lewi tidak memiliki wilayah mereka sendiri tetapi
tersebar di seluruh Israel. Ayah Samuel adalah seorang Lewi, tetapi mereka
tinggal di wilayah Efraim.
P: Dalam 1 Taw 6:28 (Masoret teks), siapakah yang tertua
dari anak laki-laki Samuel yang tertua Vashni, atau Yoel sebagaimana yang 1 Sam
8:2 katakan?
J: Anak tertua Samuel bernama Yoel. Teks Masoret memiliki
kesalahan penyalinan dan menghilangkan Yoel dan mengatakan "anak sulung,
yang kedua dari Abia" Ibrani berkata, "Vashni, dan Abia untuk Abia
kedua, mengambil kedua sebagai nama yang tepat." Daftar Septuaginta dan
Syria baik putra sebagai Yoel dan Vashni.
P: Dalam 1Taw 8:33, apakah Ner merupakan kakek Saul, atau
paman Saul?
J: Mungkin ada dua laki-laki yang bernama Ner, dan yang
kedua dinamakan setelah kakeknya.
P: Dalam 1 Taw 8:33, apakah Esybaal adalah orang
yang sama seperti Isyboset di dalam 2 Sam 2:8?
J: Mungkin. Baal dapat berarti tuan, Tuhan, atau berhala
Kanaan. Anaknya bernama Saul Ish (manusia) dari Baal, kemungkinan besar dengan
maksud tuan atau Tuhan. Para penulis atau penyalin mungkin berubah nama menjadi
"bosheth" yang berarti malu.
P: Dalam 1 Taw 9:1, apakah Kitab Raja-Raja itu?
J: Ini bukan buku 1 dan 2 Raja-raja di dalam Alkitab.
Sebaliknya, ini adalah catatan sekuler raja. When Critics Ask hal.204
menyebutkan bahwa hal yang luar biasa untuk buku-buku yang diilhami sebagaimana
Alkitab untuk mengutip buku sekuler, atau untuk Paulus yang bahkan mengutip
penyair kafir, ketika mereka berbicara tentang kebenaran sesuatu.
P: Dalam 1 Taw 10:6, bagaimana semua isi rumah Saul mati,
karena Isyboset masih hidup menurut 2 Sam 2:8?
J: 1 Tawarikh 10:6 mengatakan bahwa "semua isi
rumahnya" dimaksud ketiga putranya yang meninggal dengan dia. Ini tidak
termasuk cucu bayi Saul, Mefiboset. Sementara Alkitab tidak mengatakan mengapa
Isyboset tidak dengan Saul, atau mengapa Isyboset (yang hampir 40 pada saat
itu) tidak termasuk dalam "rumah Saul" di sini, mungkin itu karena
Isyboset adalah anak Saul dari selir.
P: Dalam 1 Taw 10:8-10 mengapa tentara yang menang
merampasi orang-orang mati?
J: Mereka akan mengumpulkan pedang, tombak,
senjata-senjata lain, dan bahkan barang berharga tentara yang mungkin dibawa,
tetapi yang paling penting, mereka akan mengumpulkan senjata. Ini akan
digunakan untuk pasukan mereka sendiri, dan juga dapat ditampilkan seperti
piala perang.
P: Dalam 1 Taw 10:13-14, apakah Saul tidak meminta
petunjuk Tuhan, atau apakah Saul bertanya kepada Tuhan dalam 1 Sam 28:6?
(Ini merupakan sebuah pengulangan dari diskusi pada 1
Samuel 28:6)
J: Sementara ini bisa menjadi kesalahan penyalinan, baik
teks Ibrani Masoret dan Yunani Septuaginta mengatakan hal yang sama, dan ada
penjelasan sederhana dari kesalahan penyalinan.
Ada suatu dunia yang berbeda antara melakukan sesuatu,
dan melakukan sesuatu dengan tulus.
Kata Ibrani shalal didalam 1 Samuel 28:6. berarti untuk bertanya, meminta, permintaan, mengemis, atau meminjam. Perjanjian Lama menggunakan kata ini 19 kali pada waktu yang lain. Ini tidak selalu berarti bertanya secara tidak tulus. Sebaliknya, itu adalah kata umum untuk bertanya, dan itu bisa tulus atau tidak tulus.
Kata Ibrani shalal didalam 1 Samuel 28:6. berarti untuk bertanya, meminta, permintaan, mengemis, atau meminjam. Perjanjian Lama menggunakan kata ini 19 kali pada waktu yang lain. Ini tidak selalu berarti bertanya secara tidak tulus. Sebaliknya, itu adalah kata umum untuk bertanya, dan itu bisa tulus atau tidak tulus.
Kata Ibrani darash dalam 1 Tawarikh
10:14 berarti terutama untuk mengikuti, dan dengan implikasi untuk mencari atau
bertanya atau memuja. Di 41 tempat lain Perjanjian Lama menggunakan kata ini,
itu adalah sesuatu yang orang-orang mohon kepada Tuhan atau memohon kepada
berhala, tapi tidak keduanya sekaligus.
Di dalam kontras penggunaan shalal
di dalam 1 Samuel 28:6 Ketika Saul bertanya kepada Tuhan, 1 Samuel 28:7
menggunakan kata darash ketika Saul pergi ke penyihir Endor.
Sementara Saul mungkin dengan santai bertanya, ia jelas
tidak meminta petunjuk Tuhan menggunakan sarana mapan para imam. Ingat, Saul
telah membunuh semua imam Nob, kecuali Abyatar. Abyatar telah mengambil efod
dengan dia ketika dia melarikan diri di dalam 1 Samuel 23:6.
Saul bisa meminta petunjuk Tuhan, tapi tanpa pertobatan
merupakan hal yang sulit bagi pertanyaan yang dilakukan secara tulus setelah
dia membunuh sebagian besar imam Tuhan sebagai tempat untuk dapat ditanyai.
P: Dalam 1 Taw 11:10-12:40, siapakah beberapa orang yang
tidak biasa disebutkan di sini?
J: Inilah beberapa diantara mereka.
Zelek dalam 11 Taw 1:39 adalah orang Amon,
Uriah dan Ismaiah adalah orang Gibeon.
Ada Benyamin dalam 1 Taw 12:29, dan keduanya baik
Benyamin maupun Gibeon akan secara khusus bersekutu dengan Saul.
Daud memiliki Pleti dan Kerethites, yang mana adalah
orang Filistin di dalam tentaranya.
Ada 4.600 Lewi dan 3.700 Aaronites.
Dengan demikian Daud memiliki kualitas untuk mendapat
menang ke pihaknya bahkan orang-orang yang biasanya menjadi musuh-musuhnya.
P: Dalam 1 Taw 11:10-12:40, bagaimana kita memiliki
karakter dan kepribadian sehingga bahkan mantan musuh kita ingin berdamai
dengan kita?
J: Daud adalah orang yang bersemangat, ia sangat
mencintai teman-temannya, dan membenci mereka yang jahat atau berbahaya. Namun
Daud bisa menghormati beberapa lawan-lawannya, seperti Massa dan Abner, yang
adalah orang-orang terhormat. Daud adalah orang yang setia. Ia setia kepada
pasukannya, dan ia dihargai mereka yang setia. Daud adalah seorang yang
terampil dalam perang, yang sebagai berjalannya waktu, tampak seperti dia
mungkin akan memperolah kemenangan. Semua jenis orang akan mengikuti seseorang
yang sepertinya mereka akan mendapatkan kesuksesan. Yang paling penting
meskipun, Daud adalah manusia Tuhan, yang menaati Tuhan sebagai pemimpin, dan
orang Israel yang saleh akan mengenali bahwa mereka harus mengikuti Daud.
Merupakan hal yang menarik untuk membedakan kesetiaan
orang-orang Daud, orang-orang Israel dan keluarga Daud terhadap Daud pada awal
pemerintahannya, dengan menghadapi banyak masalah yang Daud hadapi dengan
orang-orang yang tidak setia di kemudian hari di dalam pemerintahannya. Titik
balik adalah hilangnya rasa hormat banyak orang untuk Daud setelah berselingkuh
dengan Batsyeba dan pembunuhan prajurit setia-Nya Uria. Hanya membutuhkan
sejumlah kecil pengkhianatan untuk menghapus kenangan orang lain mengenai
kesetiaan Anda.
P: Dalam 1 Taw 11:10-12:40, apakah yang penting mengenai
jumlah dari setiap suku?
J: Pertama, marilah melihat pada jumlah.
Yehuda 6.800 - rupanya ketika Saul mengejar Daud,
sejumlah orang di Yehuda secara terbuka memberikan dukungan kepada Daud.
Simeon 7.100 - Simeon adalah sebuah suku kecil, jadi ini
sejumlah kecil orang yang akan diharapkan.
Benyamin 3.000
Efraim 20.800
Manasye 18.000
Isakhar 200 kepala
Zebulon 50.000
Naftali 38.000
Dan 28.600
Asher 40.000
Suku Transyordania 120.000
Lewi 4.600
Aaronites 3.700
Jika Daud memiliki tentara tetap banyak ini, ia tidak
perlu lari dari Saul, atau bahkan orang Filistin dalam hal ini. Sebaliknya, ini
adalah orang-orang yang menyatakan kesetiaan kepada Daud. Ternyata semua orang
dalam suku-suku Transyordania menyatakan kesetiaan kepada Daud, meskipun tidak
jelas berapa banyak sebenarnya yang menjabat sebagai tentara-Nya. Tentara asli
Daud adalah orang buangan dan pengungsi dari berbagai suku. Isakhar
sulit-ditekan untuk tanah sebelah utara, sehingga ternyata banyak orang yang
datang untuk bergabung dengan Daud.
Ketika seseorang menyelenggarakan suatu usaha yang baru
hari ini, banyak orang yang akan bergabung karena berbagai alasan. Beberapa
orang bergabung hanya untuk yang terbaik dari alasan-alasan, beberapa bergabung
untuk alasan yang tidak dapat diterima, tetapi banyak bergabung untuk alasan
yang lebih kecil atau pragmatis, seperti kekurangan tanah di dalam masa Daud.
Hari ini, banyak orang melakukan hal-hal karena harapan pahala atau takut
konsekuensi buruk jika mereka tidak membantu. Motif ini adalah OK (bisa
diterima), dan Alkitab tidak mengkritik mereka. Namun, motivasi terbaik adalah
kasih agape yang tidak bersyarat, untuk Tuhan dan untuk orang lain.
P: Dalam 1 Taw 11:11, apakah Triwira membunuh 800 orang,
ataukah Triwira membunuh 300 orang dalam 2 Sam 23:8?
J: Lihat diskusi pada 2 Samuel 23:8 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 11:19, bagaimana Daud telah meminum darah
anak buahnya yang membawakan air?
J: Daud tidak melakukannya, ini hanyalah sebuah kiasan. Daud
berkata bahwa jika dia minum air yang orang-orang ini mempertaruhkan hidup
mereka untuk memberikan kepadanya, dia tidak akan menghormati cukup tinggi
sehubungan dengan darah prajuritnya yang mendapatkan air untuknya.
P: Dalam 1 Taw 11:22, apakah laki-laki seperti singa itu?
J: Ini adalah laki-laki yang berani, kuat, dan mampu
untuk melawan jumlah yang sangat besar bahwa mereka dibandingkan dengan singa. Ariel
adalah kata Ibrani untuk singa.
P: Dalam 1 Taw 12:7, apakah Tuhan tidak senang dengan
mereka yang mengadakan sebuah sensus, atau dengan Yoab tidak menghitung Lewi
dan Benyamin?
J: Allah tidak senang dengan mereka yang mengadakan
sebuah sensus.
P: Dalam 1 Taw 12:7, mengapa Tuhan tidak senang mereka
mengadakan sebuah sensus?
J: Lihat diskusi pada 2 Samuel 24:1 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 13:9-10, mengapa Tuhan membunuh Uzza?
J: Uzza dan orang-orang lain-lain mungkin terkejut pada
saat kematiannya. Setelah semuanya, Uzza hanya mencoba untuk membantu ketika
lembu itu tersandung. Namun, Uzza, dan semua orang telah melupakan poin
penting: hal-hal yang kudus mengenai Tuhan itu harus diperlakukan dengan hormat
yang tepat. Tuhan sudah memberitahu kepada mereka cara yang tepat untuk membawa
Tabut. Mereka tidak mematuhinya, dan jika mereka taat, maka tidak akan ada
lembu yang tersandung. Hal ini menunjukkan dua jenis ketaatan: cara Anda
sendiri dan cara Tuhan.
Dalam cara anda sendiri melayani Tuhan, anda
melayani Tuhan sebagaimana anda merasa ingin melakukannya, dan anda berpikir
bahwa Tuhan harus menghargai semua yang anda lakukan, dan tidak ada standarnya.
Tidak mungkin untuk menjadi tidak taat, kurang taat atau lebih taat.
Dalam cara Tuhan untuk melayani Dia,
anda melayani Tuhan sebagaimana Dia telah memerintahkan. Namun, dalam apa yang
Tuhan telah berfirman, Tuhan menghargai persembahan sukarela dan hal-hal yang
baik dari inisiatif kita sendiri. (2 Korintus 8:10-12, 9:7, terutama 9:17).
Tuhan memiliki standar dan peraturan (2 Timotius 2:5). Jika anda tidak taat
dalam beberapa hal, maka anda tidak taat (Yakobus 2:9-11). Jika anda ingin
menjadi instrumen Tuhan untuk tujuan yang mulia, anda tidak bisa begitu sampai
anda membersihkan diri dari hal-hal tercela (2 Timotius 2:20-21).
P: Dalam 1 Taw 14:1, mengapa Hiram sangat ramah terhadap
Daud?
J: Selain persahabatan pribadi, Fenisia dan Israel
berbagi musuh secara bersama-sama di Filistin.
P: Dalam 1 Taw 14:14-15, apakah banyak pohon-pohon murbei
di Palestina?
J: Kata Ibrani di sini adalah tidak pasti. Jika
"murbei", ada 12 jenis murbei. Murbei hitam adalah tanaman asli Asia
Barat, tetapi orang-orang Yunani dan Roma juga membudidayakan itu. Kata-kata
Ibrani juga bisa berarti "pohon balsam".
P: Dalam 1 Taw 15:20,28, apakah Psalteries dan Alamoth
itu?
J: Mereka adalah alat musik, tetapi kita tidak tahu
seperti apa mereka saat ini.
P: Dalam 1 Taw 15:29, mengapa orang, bahkan beberapa
orang percaya, kadang-kadang orang lain memandang rendah?
J: Ada paling sedikit dua alasan.
1. Beberapa orang mengharapkan bagi standar
orang lain. Jika orang melanggar standar mereka, mereka mungkin tak kenal ampun
dan tidak pernah menghormati mereka lagi. Mikhal kehilangan rasa hormatnya
untuk suaminya.
2. Beberapa orang lain membenci jika orang lain
telah menyakiti mereka, dan mereka menolak untuk mengampuni.
Kita orang Kristen tidak boleh membenci siapapun.
Kita orang Kristen tidak boleh membenci siapapun.
P: Dalam 1 Taw 16:13, bagaimana mereka dipilih oleh
Tuhan?
J: Secara kolektif, mereka adalah orang-orang pilihan
Tuhan dan bangsa yang dipilih. Itulah makna utama di sini. Namun, secara
individu, banyak dari mereka yang adalah umat pilihan Tuhan. Umat pilihan
adalah mereka yang dipilih oleh Tuhan, sebelum dunia dijadikan, untuk pergi ke
Surga.
P: Dalam 1 Taw 16:25-26 dan Mz 97:7, apakah Alkitab
mengajarkan ada banyak dewa?
J: Ya. Alkitab mengajarkan ada banyak dewa, tetapi hanya
satu Tuhan yang benar. Mormon mencari dengan sia-sia ayat ini untuk mendukung
yang mereka katakan ada banyak dewa (yang sah).
P: Dalam 1 Taw 17:2-15, mengapa Nathan bertentangan
dengan dirinya sendiri di sini?
J: Nathan pada awalnya berbicara secara tidak benar,
karena dia tidak berbicara sebagai seorang nabi. Dia telah menjadi nabi palsu
jika ia berkata, "Beginilah firman Tuhan", atau bahkan jika ia hanya
berkata Tuhan mengatakan kepadanya pernyataan yang salah. Sebaliknya, Nathan
berbicara spontan pada otoritasnya sendiri. Juga mencatat bahwa bahkan
berbicara dengan cara ini, Tuhan mengkoreksi dengan segera.
Saksi-Saksi Yehuwa kadang-kadang menunjuk ke bagian ini
untuk mencoba untuk menunjukkan bahwa nabi yang benar (seperti mereka
menyatakan tanpa bukti organisasi Menara Pengawal untuk menjadi) masih dapat
nabi benar meskipun mereka telah membuat nubuatan yang palsu. Namun, mereka
mengklaim sebagai nabi, dan Watchtower Society membuat nubuatan resmi
kedatangan Kristus yang palsu.
Gereja Katolik juga mengklaim Paus berbicara tanpa salah,
tetapi hanya jika ia berbicara "ex-cathedra". Namun, hampir mengenai
non-masalah, sebagai Paus sepanjang sejarah hanya berbicara
"ex-cathedra" tujuh atau delapan kali.
Gereja Mormon juga mengklaim memiliki nabi yang sempurna,
ketika mereka berbicara sebagai nabi. Joseph Smith dan Brigham Young keduanya
membuat nubuatan yang palsu.
P: Dalam 1 Taw 17:16-27 dan 1 Taw 28:2-4, mengapa sikap
Daud dipuji di sini?
J: Daud pasti kecewa karena keinginannya yang jangka
panjang, yang baik, telah diveto oleh Tuhan. Namun demikian, Daud menerima
berita ini dengan rendah hati, dan masih bekerja untuk menyimpan bahan untuk
anaknya Salomo untuk membangun Bait Tuhan.
P: Dalam 1 Taw 18:3, apakah Daud mengalahkan Hadarezer
atau Hadadezar dalam 2 Sam 8:3?
J: Perbedaan dalam bahasa Ibrani adalah sangat mungkin
merupakan kesalahan penyalinan. Surat-surat Ibrani sesuai dengan "d"
dan "r" yang mirip satu sama lain.
P: Dalam 1 Taw 18:4, apakah Daud berhak untuk menjaga 100
ekor kuda kereta perang?
J: Tidak Ulangan 17:16-17 mengatakan raja tidak
semestinya memperbanyak kereta dan kuda. Daud rupanya mengira 100 kereta tidak
terlalu banyak, tapi ini menetapkan suatu tingkat bagi Salomo untuk memiliki
banyak kereta dan kuda, sebagaimana 2 Tawarikh 9:28 dan 1 Raja-raja 10:26-29
tunjukkan.
P: Dalam 1 Taw 18:12, apakah 18.000 orang Edom dibunuh,
atau 12.000 seperti dalam Mz 60:1 katakan di muka?
J: Ini yang paling mungkin adalah kesalahan dalam
penyalinan.
P: Dalam 1 Taw 19:2, apakah ini Nahas orang Amon yang
sama dengan Nahas yang menindas Bangsa Israel dalam 2 Sam 10:4?
J: Tidak, karena Nahas yang lebih lama tinggal 50 tahun
sebelumnya. Hal ini merupakan hal yang tidak biasa bagi anak laki-laki diberi
nama setelah ayahnya atau kakeknya.
P: Dalam 1 Taw 19:3-4, mengapa Raja Hanun, Amon melakukan
hal bodoh semacam itu untuk mempermalukan duta besar Daud?
J: Hal ini bisa saja disebabkan kurangnya pengetahuan
tentang kekuatan Israel itu, didikan dan kebanggaannya, atau pikiran bahwa
pasukan Daud mungkin kelelahan setelah pertempuran melawan Suriah. Hanun tidak
mencoba untuk melawan Daud, hanya menghina dia, dan itu sangatlah bodoh.
P: Dalam 1 Taw
19:10-11, mengapa Yoab menempatkan militer elit terhadap orang Aram, dan
tentara rakyat melawan Amon?
J: Suriah berjuang dengan kereta perang (1 Raja-raja
22:30-33), dan kereta perang sangat efektif melawan tentara berpengalaman, atau
tentara bersenjata dengan hanya pedang dan perisai. Para prajurit elit, mungkin
dengan busur dan tombak panjang, tahu bagaimana menangani kereta perang. Sebuah
gaya kereta perang menggunakan panah tidak akan mampu mengalahkan kekuatan
infanteri yang lebih besar yang menggunakan panah. Kereta perang sering
ditempatkan untuk menghadapi pasukan infanteri, tetapi jika infanteri memiliki
tombak panjang dan tidak panik, kereta perang akan dihentikan. Alexander dari
Makedonia tahu hal-hal ini bertahun-tahun kemudian, ketika pasukannya kecil,
kekuatan yang sangat terlatih terutama pada waktu infanteri dan pada waktu lagi
mengalahkan pasukan berkuda dan kereta perang yang besar dari kekaisaran
Persia.
P: Bagaimana caranya 1 Taw 19:18 bersesuaian dengan 2 Sam
10:18?
J: Ini yang paling mungkin adalah kesalahan dalam
penyalinan. Lihat pembahasannya dalam 2 Sam 10:18 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 21:1, apakah Tuhan memerintahkan Daud
mengadakan sensus di Israel, ataukah Setan?
J: Ini adalah setan secara langsung, dan Tuhan secara
tidak langsung. Lihat pembahasannya dalam 2 Samuel 24:1 untuk jawabannya.
Setan di dalam kata Ibrani dapat
berarti musuh serta Setan. Namun, tidak ada hipotesis yang Asimov tawarkan
siapa yang akan menjadi musuh ini, jika tidak setan.
P: Dalam 1 Taw 21:1, apakah konsep Ibrani mengenai Setan
berasal dari Persia, sebagaimana beberapa orang skeptis klaim?
J: Tidak Tentu saja ular itu berbicara dan mencobai Hawa
di Kejadian 3, memiliki kemampuan non-alami, termasuk berbicara dan kecerdasan.
Ayub, yang beberapa orang pikirkan
menurut salah satu buku paling awal dari Alkitab, membahas mengenai setan
secara rinci, seperti halnya Yesaya. Mengatakan bahwa buku-buku tersebut
membahas mengenai setan menunjukkan setan-setan itu ada karena pasca-pembuangan
adalah suatu penalaran yang melingkar.
P: Dalam 1 Taw 21:1, mengapa Daud menginginkan sebuah
sensus bagi Israel?
J: Pada akhirnya, Tuhan mengijinkan Iblis untuk mencobai
Daud untuk melakukannya. Segera alasan mengapa Daud mungkin ingin jumlah orang
Israel adalah suatu kebanggaan bagi bangsa, untuk perpajakan yang lebih baik,
untuk kerja paksa di masa depan, dan untuk mendaftar atau wajib militer bagi
para laki-laki untuk berperang.
P: Dalam 1 Taw 21:4, adalah Yoab benar untuk mematuhi
Daud di sini, karena Yoab tahu itu bertentangan dengan keinginan Tuhan?
J: Yoab berada di situasi yang sempit. Dia harus mematuhi
raja, kecuali raja memerintahkan dia untuk melakukan sesuatu terhadap apa yang
Tuhan katakan.
Tidak ada perintah yang menentang sensus, tetapi Yoab
merasa (secara benar) bahwa ini bukanlah apa yang Tuhan inginkan.
Tidak ada perintah langsung, sehingga Yoab melakukan apa yang terbaik. Ia mengungkapkan oposisinya, tetapi taat pula kepada raja. Ada beberapa ambiguitas dalam perintah Daud, apakah untuk menghitung orang Lewi atau tidak, dan Yoab menafsirkan dengan cara yang dia pikir terbaik.
Tidak ada perintah langsung, sehingga Yoab melakukan apa yang terbaik. Ia mengungkapkan oposisinya, tetapi taat pula kepada raja. Ada beberapa ambiguitas dalam perintah Daud, apakah untuk menghitung orang Lewi atau tidak, dan Yoab menafsirkan dengan cara yang dia pikir terbaik.
Ini adalah situasi yang berbeda dari para pastor di
Jerman selama Perang Dunia II. Hitler mengatakan kepada mereka bahwa karena ia
adalah pemimpin Jerman, mereka tidak boleh mengkritik apa-apayang ia lakukan.
Dalam alasan orang Kristen untuk menghormati pemimpin pemerintahan dan mematuhi
mereka. Namun, ketika Hitler mulai memusnahkan orang-orang Yahudi, Alkitab
secara spesifik mengatakan kita harus mempertahankan perintah langsung untuk
menindas (Yesaya 1:17), dan Tuhan bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh
Hitler.
P: Dalam 1 Taw 21:5, apakah ada total 1.100.000 orang
siap perang, atau 1.300.000 orang siap perang sebagaimana yang 2 Sam 24:9
tunjukkan?
J: Lihat pembahasan pada 2 Samuel 24:9 untuk dua
kemungkinan jawaban.
P: Dalam 1 Chr 21:12, tiga tahun terancam kelaparan, atau
tujuh tahun sebagaimana 2 Sam 24:13 katakan?
J: Kita tidak yakin, karena kelaparan tidak terjadi. Ini
adalah suatu kesalahan penyalinan.
P: Dalam 1 Taw 21:15, seberapa kuatkah malaikat Tuhan?
J: Mereka tidak semua-kuat, tetapi untuk menghancurkan
seluruh Yerusalem, hanya dibutuhkan satu malaikat. Ketika Yesus menuju ke kayu
salib, Ia mengatakan bahwa jika Dia meminta, Bapa akan memberikan 12 legiun
(mungkin 60.000) malaikat di dalam Matius 26:53.
P: Dalam 1 Taw 21:15, bagaimana Tuhan merasa menyesal
atas malapetaka yang Beliau rencanakan di sini?
J: Kata Ibrani di sini berarti membahayakan fisik maupun
kejahatan moral. Tuhan memiliki malaikat di sana, terlihat oleh Daud, untuk
mengancam apa yang akan terjadi terhadap Yerusalem.
Satu pelajaran yang bisa kita lihat di sini adalah bahwa
rencana Tuhan yang terungkap bagi seseorang dapat berubah pada saat orang
tersebut bertobat atau berubah.
P: Dalam 1 Taw 21:17, mengapa Tuhan membuat orang
menderita karena keputusan Daud yang berdosa?
J: Pertama apa yang bukan jawabannya, dan kemudian
jawabannya.
Dalam hidup ini, orang sering menderita karena dosa orang
lain. Bayi yang lahir dari ibu yang kecanduan kokain dilahirkan dalam keadaan
kecanduan kokain juga, dan mereka telah mengurangi kapasitas mental. Sudah
cukup umum bagi seluruh bangsa merasa sangat menderita, karena ambisi yang
muluk-muluk dari satu pemimpin. Kehidupan di bumi tidak merata, dan tidak akan
merata di dunia yang telah jatuh ke dalam dosa, hingga Tuhan menetapkan segalanya
dengan benar pada Hari Penghakiman.
Sementara sebelumnya adalah benar, itu
adalah bukan merupakan jawaban untuk situasi ini. Berikut ini adalah Tuhan
sendiri yang secara aktif membunuh banyak orang Israel karena dosa Daud, satu
orang.
Daud merasa bangga dengan kekuasaan duniawinya, terutama
pasukannya, dan Tuhan menurunkan jumlah orang-orang yang Daud banggakan. Juga,
kita tidak tahu persis siapa semua prajurit Daud itu. Salah satu spekulasi
adalah bahwa Tuhan telah menambah beberapa malaikat untuk menambah jumlah
tentara Daud, dan Iblis melihat ini dan meminta penghitungan dari apa yang
terjadi di sini.
Seseorang mungkin secara salah mendefinisikan penderitaan
sebagai Tuhan tidak memperpanjang hidup yang sehat sepanjang mungkin, atau
menyebabkan suatu negara untuk memperluas kekuasaan seluas mungkin. Tuhan tidak
berkewajiban untuk secara otomatis memberkati kita. Ketika kita benar-benar
sedang menerima berkat dari Tuhan kita harus bersyukur, tidak menuntut lebih.
Tuhan sangat mengasihi kita, dan ingin memberkati kita, tapi jangan lupa bahwa
banyak dari kehidupan ini adalah persiapan untuk hidup yang akan datang, dan
Tuhan tidak ingin memberkati kita sehingga kita lupa mengenai hal itu.
P: Dalam 1 Taw 21:24, bagaimana kita bisa menerapkan
prinsip Daud untuk tidak memberikan kepada Tuhan suatu pengorbanan yang tidak
membebani biaya untuk dibayar bagi Daud?
J: Mungkin ada banyak cara untuk menerapkan prinsip ini,
tapi satu aplikasi sederhana adalah mengajar anak-anak Anda. Segera setelah
anak-anak Anda sudah cukup untuk menghasilkan sedikit uang dengan melakukan
pekerjaan, biarkan mereka melakukan korban pada gereja mereka dengan uang
mereka sendiri, dan Anda tidak memberikan mereka uang untuk pengorbanan.
P: Dalam 1 Taw 22:2, apakah kerja paksa dimulai oleh
Daud, atau di bawah Salomo?
J: Salomo melakukan kerja paksa bagi orang-orang
non-Israel di dalam skala besar, tapi Daud yang memulainya. Kedua hal ini dan
menjaga beberapa kereta adalah contohnya Daud tidak menaati Tuhan dengan cara
yang relatif kecil, dan Salomo memperkuat hal-hal itu. Sebagai orang tua,
apakah ada "hal kecil" dosa-dosa di dalam kehidupan Anda yang
anak-anak Anda mungkin akan memperkuatnya? Daud melaksanakan sensus, dan Salomo
melakukan sensus juga.
P: Dalam 1 Taw 22:14, Daud memberikan 100.000 talenta
emas untuk membangun Bait Tuhan di masa depan, atau hanya 3.000 talenta
sebagaimana 1 Taw 29:3-4 katakan?
J: 1 Tawarikh 29:3 menjawab pertanyaan ini. Daud
mendedikasikan 100.000 Talenta hasil jarahan dari menaklukkan Suria, Moab, dan
Edom. 1 Tawarikh 29:3 mengatakan bahwa Daud memberikan harta pribadinya
"melebihi dan di atas segala sesuatu yang telah saya sediakan".
P: Dalam 1 Taw 22:14, bagaimana Daud mendapatkan semua
emas ini?
J: Lihat pembahasannya dalam 2 Samuel 10:14 untuk jawabannya.
P: Dalam 1 Taw 24:31:, 26:13 mengapa mereka membuang undi
di sini?
J: Ini adalah cara yang sederhana, tidak memihak untuk
menentukan tugas ketika ada perintah mengenai hal itu tidak penting. Orang pada
hari ini melakukan hal yang sama ketika mereka "menarik sedotan"
untuk melihat siapa yang medapatkan suatu posisi. Sementara Tuhan bisa secara
langsung membuang undi atau menarik sedotan, tidak berarti bahwa Tuhan
mengarahkan hasilnya secara lebih lanjut daripada jika mereka telah memilih
sendiri, berlalu setelah hari ulang tahun, atau menggunakan beberapa cara lain.
P: Dalam 1 Taw 25:1,3, mengapa orang bernubuat dengan
menggunakan kecapi?
J: Tidak ada batasan bagi para nabi untuk menggunakan hal
yang tidak-berdosa yang mereka harap untuk digunakan sambil bernubuat. Daud
juga bernubuat dengan menggunakan kecapi.
Namun, jika sebuah klaim Mormon bahwa Joseph Smith
menggunakan sebuah buku okultisme dari agama palsu [Mesir] hanya sebagai
inspirasi untuk menulis Kitab Suci Mormon yang disebut the Book of Abraham,
hal ini hampir akan menjadi kasus menggunakan sebuah pemujaan berhala, buku
yang jahat untuk mendapatkan apa yang dikatakan sebagai firman Tuhan. Hal ini
"hampir" merupakan suatu kasus, karena Mormon yang mengatakan hal itu
tidak tepat mewakili apa yang Joseph Smith sendiri katakan. Smith mengatakan ia
"menerjemahkan" buku itu, dan ia bahkan memiliki hieroglif Mesir di
sebelah terjemahan Bahasa Inggris untuk menunjukkannya. Selanjutnya, Joseph
Smith bahkan menulis sebuah buku menggelikan, Egyptian Alphabet and Grammar,
yang membuktikan bahwa Joseph benar-benar mengklaim bahwa ia secara
supranatural menerjemahkan hieroglif Mesir.
Omong-omong, Gereja Mormon pada saat ini masih memiliki
salinan naskah asli Bahasa Inggris dari Book of Abraham Mormon, Egyptian
Alphabet and Grammar, dan sebuah papirus Mesir telah ditemukan di sebuah
museum yang cocok, baik di dalam karakter dan gambar apa yang Joseph Smith
gunakan untuk "menerjemahkan".
P: Dalam 1 Taw 28:2-4, apa yang baik mengenai sikap Daud
di sini?
J: David tidak diragukan lagi merasa kecewa bahwa ia
bukan orang yang membangun Bait Tuhan. Namun, ia tidak hanya bersyukur atas
banyak hal yang Tuhan telah memberinya, Daud berfokus kepada Tuhan dan tidak
pada dirinya sendiri. Bait Tuhan adalah monumen untuk Tuhan, bukan untuk Daud,
dan Daud tidak mempunyai alasan untuk marah, karena dia tidak memandang Bait
Tuhan sebagai monumen untuk dirinya sendiri.
P: Dalam 1 Taw 28:9,10,20; 2 Taw 6:2; 8:11; 1 Raj 3:3-13,
8:23, 9:8-9, 11:9-14, 2 Sam 11 :24-25, bagaimana mungkin bagian ini semua
merujuk kepada orang yang sama? (seorang ateis mengajukan pertanyaan mengenai
hal ini)
J: Mereka semua sungguh merujuk kepada Salomo. Enam hal
yang perlu diperhatikan di dalam menjawab.
Beberapa konsistensi: Salomo secara konsisten
seorang yang pintar dan pembangun Bait Tuhan. Salomo menggunakan kebijaksanaan
dan keterampilannya membangun untuk Tuhan, terutama di awal hidupnya.
Belakangan di dalam hidupnya ia menggunakan keterampilan untuk membangun kuil
untuk berhala juga. Beberapa orang didorong untuk membangun dan mencapai suatu
prestasi, pertanyaannya adalah, berapa banyak senua itu dilakukan untuk Tuhan?
Mengejutkan: Jika tidak terlihat mengagetkankan
dan mengejutkan bagi Anda bahwa Salomo, yang terpilih untuk membangun Bait
Tuhan, berdoa dengan doa yang indah kepada Tuhan, dan menulis buku-buku dari
Alkitab, harus jatuh ke dalam dosa, maka mungkin Anda belum membaca
bagian-bagian ini dengan sangat hati-hati. Hal ini adalah mengejutkan, dan
orang ateis yang bertanya apakah hal ini dapat dimaafkan untuk mempertanyakan
apakah ini adalah orang yang sama.
Namun hal ini terjadi: ini pasti adalah
orang yang sama. Sama seperti Yudas bisa meninggalkan segalanya untuk mengikuti
Yesus, dan kemudian mengkhianati Dia, sama seperti Demas dapat mengorbankan
untuk menemani Paulus pada perjalanannya, dan kemudian pergi karena Demas
mengasihi dunia (2 Timotius 4:10), orang bisa berubah. Tuhan mengawasi kita dan
memelihara kita, tetapi orang percaya memiliki pilihan jatuh atau tidak terjatuh.
Beberapa orang melarikan diri dari dunia yang korup dengan mengetahui Tuhan
kita, dan kemudian terjerat (2 Petrus 2:17-22). Orang lain tidak pernah
menyangkal iman, tetapi mereka kompromi dengan mencoba untuk melayani Tuhan dan
berhala atau Tuhan dan uang.
Mengapa Salomo berubah? Dalam kasus Salomo,
kitab suci memberikan jawaban yang jelas di dalam 1 Tawarikh 11:1-4. Salomo
berkompromi dengan menikah dengan istri-istri dari bangsa asing, baik untuk
cinta atau untuk aliansi politik. Kompromi itu menyebabkan dia lebih sesat
sebagaimana istri-istrinya dengan berbalik hatinya kepada allah lain.
Kita dapat belajar bahwa orang-orang
yang berada di sekitar Anda dapat memiliki pengaruh yang kuat pada Anda, jika
Anda membiarkan mereka. Sebagai konsekuensi dari kompromi kecil adalah bahwa,
tanpa pertobatan yang tepat, mereka dapat menyebabkan kompromi yang lebih besar
dan lebih besar lagi.
Alkitab adalah serius tentang tanggung
jawab setiap orang percaya sendiri untuk menjadi rajin (Ibrani 6:11), memeriksa
diri kita sendiri (2 Korintus 13:5), dan berjaga-jaga (Matius 10:16-17). Jika
tidak, seorang pria atau wanita pengikut Tuhan dapat menjadi sangat jatuh,
secara mengejutkan sebagai penyembah Yahweh dan merasa senang menjadi penyembah
dewa kamos.
P: Dalam 1 Taw 29:2, apa perbedaan antara membangun
sesuatu untuk manusia dan membangun sesuatu tersebut untuk Tuhan?
J: Jika Anda membangun sesuatu untuk seorang manusia,
Anda harus membangun sebagaimana yang dia inginkan, dan tidak perlu berlangsung
lebih jauh daripada yang dia butuhkan. Jika Anda membangun untuk Tuhan, Anda
membangun untuk kemuliaan-Nya, bukan untuk Anda sendiri, dan Anda harus
membangun sebagaimana yang Tuhan inginkan, dan bukan dengan cara Anda sendiri.
Jika Anda sedang membangun sesuatu untuk Tuhan, Anda harus membangunnya untuk
yang terakhir untuk selama-lamanya. Salah satu perbedaan lain adalah bahwa hal
itu bukanlah bangunan secara fisik, uang, dan hal-hal yang Anda bangun untuk
Tuhan, tetapi hidup dan karakter, baik di dalam diri sendiri dan orang lain.
P: Di Dalam 1 Taw 29:19, karena Daud meminta Tuhan untuk
hal yang baik, untuk memberikan Salomo hati yang mematuhi perintah-perintah
Tuhan, mengapa Salomo kemudian berpaling dari Tuhan?
J: Tuhan telah bersama dengan Salomo dan sangat
memberkati Salomo, tetapi Tuhan tidak pernah mengatakan dia akan mengambil
kemampuan Salomo untuk memilih taat atau tidak taat, terlepas dari apa yang
Daud telah doakan. Salomo telah diberikan semua kebijaksanaan yang dia
perlukan, tetapi Tuhan memilih untuk memberikan Salomo (dan kita) kehendak yang
bebas.
Omong-omong, pernyataan "Tuhan tidak pernah
mempengaruhi kehendak bebas kita" adalah tidak benar. Tuhan lebih aktif
dalam ikut campur tangan atas Saul padaTarsus di jalan yang menuju ke Damaskus.
Namun meskipun banyak dorongan eksternal dari Tuhan yang diterapkan, hal itu
masih terserah kepada Saul untuk merespon.
P: Dalam 1 Taw dan 2 Taw, apakah ada beberapa manuskrip
paling awal yang masih ada sampai sekarang?
J: Gulungan Laut Mati: (Tahun 1 SM) Penelitian 1 salinan
Gulungan Laut Mati fragmen kecil ini yang disebut 4Q522 frag 9, berisi 1
Tawarikh 7:24 dan 2 Tawarikh 28:18.
Naskah-Naskah Alkitab Kristen, dari sekitar 350 M,
berisi Kitab Perjanjian Lama, termasuk 1 dan 2 Tawarikh. The Papyrus Egerton 4
naskah abad ke-3 Masehi adalah salinan Yunani merupakan bagian dari 2 Tawarikh.
Papyrus Egerton 4 (abad ke-3 M) telah
memelihara bagian dari 2 Tawarikh.
Vaticanus (325-350 M) telah memelihara semua
Tawarikh 1 dan 2.
Alexandrinus (Tahun.450 M) telah memelihara semua
Tawarikh 1 dan 2.
Sinaiticus (340-350 M) telah memelihara 1
Tawarikh 9:27-19:17.
P: Siapa sajakah para penulis awal yang merujuk pada 1
Tawarikh?
J: Para penulis Pra-Nicea yang direferensikan atau
menyinggung ayat-ayat dalam 1 Tawarikh adalah:
Philo orang Yahudi dari Alexandria (15/20 SM-50 M)
mengacu pada 1 Tawarikh 7:14. Studi Awal Bab 8 (43) hal.307.
Melito / Meleto dari Sardis (170-177/180 M)
mendaftar semua buku dari Perjanjian Lama, dan dia memasukkan setiap buku yang
kita miliki kecuali Nehemia dan Ester. Fragmen 4 From the Book of Extracts
hal.759.
Hippolytus (M 222-235/6) menyinggung 1 Tawarikh
3:15, ketika ia menyebutkan bahwa Yosia memiliki lima anak: Yoahas, Elyakim,
Yohanan, Zedekia, atau Yekhonya, dan Sadum [Salum]. Fragmen dari the
Commentary on Daniel bab 1 hal.177.
Origen (225-254 M) mengutip 1 Tawarikh 16:8 sebagai
"Sekali lagi, di dalam Tawarikh yang Pertama".
Origen (240 M) menyebutkan "Kitab Pertama
Paralipomenon" yang adalah merupakan nama lain untuk 1 Tawarikh. Commentary
on the Song of Songs prolog hal.49.
Lactantius (315-325/330 M) mengutip 1 Raja-raja
9:6-9 yang juga 1 Tawarikh 7:19-22 di The Divine Institutes Buku 4
bab.18 hal.121.
Setelah Masa Nicea
Eusebius dari Kaisarea (318-339/340 M)
Athanasius (367, 325-373 M)
Efraim / Efrem (350-378 M)
Epiphanius dari Salamis (360-403 M) (Secara
Tersirat)
Rufinus (374-406 M)
Yerome (373-420 M)
Agustinus dari Hippo (388-430 M)
Sulpicius/Sulpitius Severus (363-420 M)
Konsili Kartago (218 uskup) (393-419
M)
P: Apa Gulungan Laut Mati ayat-ayat 1 dan 2 Chr?
J: 2 Tawarikh 28:27; 29:1-3 dipelihara di dalam 4Q118 (=
4QChr)
P: Dalam 1 Taw, apa
yang merupakan beberapa perbedaan terjemahan antara bahasa Ibrani dan
Septuaginta Yunani?
J: Berikut adalah beberapa perbedaan terjemahan. Ungkapan
pertama adalah dari bahasa Ibrani dan yang kedua dari terjemahan Septuaginta
Yunani. Untuk mendapatkan suatu sampling, bagian ini berfokus pada bab 1.
1 Taw 1:11-23 Di dalam teks
Masoret dan Septuaginta Alexandrine, tapi tidak di Septuaginta lainnya.
1 Taw 1-9 memiliki banyak perbedaan ejaan
antara teks Ibrani yang berbeda dan teks Septuaginta. Lihat 1 Taw 1:29-31 untuk
sebuah contoh.
1 Taw 1:4 "Sem" vs "anak-anak
Nuh: Sem"
1 Taw 1:5 "Yawan dan Tubal" vs
"Yovan, Helisa, Thobal"
1 Taw 1:6 "Difat" (sebagian besar
teks Ibrani) vs "Rifat" (banyak teks Ibrani, Septuaginta, Vulgate)
1 Taw 1:7 "Elisa dan Tarsis, orang Kitim,
dan Dodanim" vs "Helisa, dan Tharsis, orang Citians, dan orang
Rhodians."
1 Taw 1:7 "Dodanim" vs "Rhodans
/ Rhodanim" (Septuaginta, Siria, Vulgata).
1 Taw 1:9 "Raamah" vs
"Regma"
1 Taw 1:16 "Nimrod" vs
"Nebrod"
1 Taw 1:17 "Aram, dan Us" (teks
Masoret) vs "Aram. Anak-anak Aram: Us "(satu teks Masoret dan
beberapa Septuaginta).
1 Taw 1:17-23 "dan Arpakhsad,
dan Lud, (dll turun ke ayat 24) Sem, Arpakhsad, Selah, Eber" (teks
Masoret) vs "dan Arpakhsad, Sala, Eber" (sebagian besar Septuaginta).
1 Taw 1:22 "Obal" (sebagian besar teks
Masoret) vs "Ebal" (beberapa teks Masoret dan Siria) vs (tidak ada)
(teks Septuaginta).
1 Taw 1:24 "Arpakhsad" vs "Arpakhsad,
Kenan" (beberapa teks Septuaginta).
1 Taw 1:29-31 "Nabaioth, lalu
Kedar, dan Adbeel, dan Mibsam, Mishma, dan Dumah, Massa, Hadad, Tema, Yetur,
Nafis dan Kedma." vs "Nabaeoth, dan Kedar, Nabdeel, Massam , Masma,
Iduma, Masse, Chondan, Thaeman, Jettur, Naphes, Kedma "(Ini adalah contoh
bagaimana nama-nama berbeda di dalam bahasa Ibrani dan Yunani.).
1 Taw 1:32 "Syeba dan Dedan" vs
"Daedan, dan Sabai"
1 Taw 1:34 "Esau dan Israel" vs
"Yakub, dan Esau". (Yakub kemudian diganti namanya menjadi Israel).
1 Taw 1:36 "Zefi" (sebagian besar teks
Masoret) vs "Zefo" (banyak teks Masoret, beberapa teks Septuaginta,
dan Siria Kejadian 36:11 juga mengatakan "Zefo".)
1 Taw 1:36 "Kenas, Timna, dan Amalek"
(teks Masoret dan sebagian besar Septuaginta) vs "Kenas oleh Timna, dan
Amalek" (beberapa Septuaginta dan Kejadian 36:12)
1 Taw 1:40 "Alian" (sebagian besar
teks Masoret) vs "Alvan" (banyak teks Masoret dan beberapa teks
Septuaginta. Juga Kejadian 36:23) vs "Alon" (sebagian besar
Septuaginta).
1 Taw 1:43 "raja-raja yang memerintah di
tanah Edom sebelum raja-raja memerintah atas anak-anak Israel: Bela bin
Beor" vs "raja-raja, Balak bin Beor"
1 Taw 1:44 "dari Bozra" vs "dari
Bosorrha"
1 Taw 1:50 "Pai" (sebagian besar
naskah Ibrani) vs "Pau" (banyak naskah Ibrani, beberapa Septuaginta,
Vulgata, dan Siria. Kejadian 36:39. juga mengatakan "Pau") vs
"Phogor" (sebagian besar naskah Septuaginta).
1 Chr 1:50 "Pai, dan nama istrinya:
Mehetabeel anak perempuan dari Mezahab." vs "Phogor."
1 Taw 1:51 "Dan Hadad meninggal, dan para
pemimpin Edom adalah: kepala kaum Timhan, kepala kaum Aliah, kepala kaum
Jetheth, kepala kaum Aholibamanh, kepala kaum Ela, kepala kaum Pinon, kepala
kaum Kenaz, kepala kaum Teman, kepala kaum Mibzar, kepala kaum Magdiel dan
kepala kaum Iram. "vs" Para pangeran Edom: pangeran Thamna, pangeran
Golada, pangeran Yeter, pangeran Elibamas, pangeran Elas, pangeran Phinon,
pangeran Kenez, pangeran Thaeman, pangeran Babsar, pangeran Magediel, pangeran
Zaphoin."
1 Taw 2:6 "Dara" vs "Darda"
(beberapa Septuaginta, beberapa Targum Siria. Lihat 1 Raja-raja 4:31) vs
"Darad" (sebagian besar Septuaginta).
1 Taw 2:42 "Mesha" vs
"Maresa"
1 Taw 2:50 "Sang Anak" vs
"Anak-anak" (Septuaginta, Vulgata).
1 Taw 3:5 "Bathshua" (sebagian besar
naskah Ibrani) vs "Bathsheba" (satu bahasa Ibrani naskah dan Vulgata
2 Samuel 11:3 juga. mengatakan " Bathsheba ") vs "Bersabee"
(Septuaginta).
1 Taw 4:3 "bapak Etam" vs
"anak-anak Etam"
1 Taw 4:13 "Hathath" vs "Hathath
dan Meonothai"
1 Chr 5:24 "dan Efer" vs
"Efer"
1 Taw 6:28 (tidak ada) vs "Yoel" (Septuaginta,
Siria, Arab, 1 Samuel 18:2).
1 Taw 6:28 "Vashni dan Abia" vs
"Abia yang kedua"
1 Taw 7:28 "Ayyah" (beberapa teks
Masoret) vs "Gaza / Gazza" (banyak teks Masoret banyak, Septuaginta,
Targum, Vulgata).
1 Taw 8:30 "Baal" vs "Baal,
Ner"
1 Taw 9:41 "Tahrea" (Masoret,
Septuaginta) vs "Tahrea dan Ahas" (Masoret, Siria, Arab, Targum,
Vulgata).
1 Taw 11:11 "tiga puluh" (Masoret dan
beberapa Septuaginta, Vulgata) vs "tiga" (beberapa Septuaginta).
1 Taw 11:20 "Abshai" vs
"Abishai" (Septuaginta, Vulgata, Targum, 2 Samuel 23:18).
1 Taw 11:20 "tiga" (Masoret,
Septuaginta, Vulgata) vs "tiga puluh" (Siria).
1 Taw 11:21 "diantara Tiga orang
tersebut" vs "diantara Tiga Puluh orang tersebut."
1 Taw 12:33 "untuk membantu" vs
"untuk membantu Daud."
1 Taw 15:18 "Zakharia, Ben," (teks
Masoret, Vulgata) vs "Zakharia" (Septuaginta).
1 Taw 17:5 "tetapi saya telah pergi dari
tenda ke tenda, dan dari satu kemah yang lain. vs "tapi aku sudah di dalam
tabernakel dan sebuah tenda"
1 Taw 18:6 "Daud menempatkan para laki-laki
" vs "David menempatkan garnisun." Sebuah garnisun adalah
sekelompok prajurit yang ditugaskan untuk menjaga sebuah benteng atau tempat
lainnya. (Septuaginta, Vulgata, dan 2 Samuel 8:6).
1 Taw 18:16 "Abimelekh" (sebagian besar
teks Masoret) vs "Ahimelekh" (beberapa manuskrip Ibrani, Vulgata, dan
Siria. Juga 2 Samuel 8:17).
1 Taw 20:2 "mahkota raja mereka"
"mahkota Milcom" vs (Septuaginta, Vulgata dan 1 Raja-raja 11:5,33).
1 Taw 20: 3 "[bekerja dengan] gergaji" vs
"memotong mereka dengan gergaji"
1 Taw 23:7 "dari orang-orang Gerson"
(Masoret) vs "ke Gersonite" (Masoret sesuai dengan NRSV) vs "Dan
untuk keluarga Gedson" vs "Anak-anak Gerson" (Vulgata).
1 Taw 23:10 "Zina" vs "Zizah"
(Septuaginta, Vulgata).
1 Taw 24:15 "Happizzez" vs "Aphses
(Septuaginta, Vulgata).
1 Taw 25:3 "Yesaya" vs "Yesaya,
Simei" (satu teks Masoret, Septuaginta) vs "Iseas"
(Septuaginta).
1 Taw 26:17 "enam orang Lewi" vs
"enam orang Lewi setiap hari"
1 Taw 26:20 "Adapun orang-orang Lewi, Ahia
bertanggung jawab" vs "Lewi sesama mereka yang bertanggung
jawab"
1 Taw 27:6 "Ammizabad adalah
divisi-nya" vs "Ammizabad bertanggung jawab atas divisi-Nya "
1 Taw 27:24 "sejumlah sejarah" vs
"buku sejarah"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar